Kamis, 22 Juli 2021

Proses Akuntansi

Setiap transaksi perlu digolongkan, diringkas dan kemudian disajikan dalam bentuk laporan, yaitu mulai dari pencatatan sampai dengan penyajiannya.

Apa saja kegiatan yang dilakukan dalam proses akuntansi ??

Berikut . . 

1. Pencatatan/ penggolongan

    Bukti- bukti transaksi harus dicatat dalam bentuk buku jurnal.
    Khusus untuk transaksi yang sama, dicatat dalam dalam jurnal yang khusus

2. Peringkasan

    Transaksi- transaksi yang sudah digolongkan di buku jurnal dalam setiap periode        tertentu di ringkas dalam rekening- rekening atau biasa di sebut akun buku besar.

3. Penyajian

    Data yang telah dicatat dalam rekening- rekening kemudian disajikan dalam                bentuk laporan keuangan yaitu neraca, laporan laba rugi, dan lain-lain.

    Demikian proses- proses atau alur dalam akuntansi ... 

Selasa, 16 Februari 2021

LAPORAN KEUANGAN

 

Pengertian Laporan keuangan


    Laporan keuangan merupakan sajian informasi dari pencatatan transaksi-transaksi keuangan yang terjadi selama periode yang di tentukan oleh perusahaan, yang bertujuan untuk pengambilan keputusan di masa yang akan datang.


Susunan Laporan Keuangan


1. Neraca

    Neraca adalah laporan yang menunjukkan keadaan keuangan suatu unit perusahaan pada tanggal tertentu.


Bentuk neraca

    Bentuk neraca dapat disusun dalam  berberapa bentuk yang berbeda, yang di mana urutuan kelompok aktiva dan pasiva juga berbeda. 

Bentuk neraca yang sering ditemukan ada 2 yaitu:

a). Bentuk rekening T, yang dimana aktiva disusun di bagian kiri dan pasiva di bagian kanan.

berikut contoh gambar neraca bentuk T :










b). Bentuk laporan, yang dimana aktiva dan pasiva disusun ke bawah (vertikal).


2. Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi adalah suatu laporan yang menunjukkan pendapatan-pendapatan dan biaya-biaya perusahaan di suatu periode tertentu, yang akan menyajikan selisih antara pendapatan dan biaya yang dikeluarkan perusahaan pada periode tertentu yang dimana perusahaan mendapatkan laba apabila pendapatan lebih besar dari biaya dan perusahaan akan rugi apabila biaya yang dikeluarkan lebih besar dari pendapatan.


3. Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal adalah laporan keuangan yang akan menyajikan informasi sebab-sebab terjadinya perubahan modal dalam proses penambahan dan pengurangan modal.


Selasa, 01 Desember 2020

Contoh soal dan cara pembuatan laporan keuangan

    Kali ini kita akan membahas bagaimana cara pembuatan laporan keuangan khusus untuk perusahaan jasa, yaitu dari penerapan dalam persamaan dasar akuntansi, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan neraca.

Dan berikut contoh transaksi yang terjadi di sebuah perusahaan beserta tahap penyelesaiannya:

 

Pada tanggal 1 Maret 2020, Tuan Rudi. membuka sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa.

Dan berikut adalah transaksi-transaksi yang terjadi selama bulan pertama operasi perusahaan tersebut.

 

  1. Menyerahkan kas sebesar Rp. 30.000.000,- sebagai setoran modal awal.
  2. Membayar sewa gedung bulan februari Rp. 1700.000,-
  3. Membeli peralatan kantor secara kredit seharga Rp. 8.000.000,-
  4. Memberikan jasa kepada klien secara tunai, Rp. 4.000.000,-
  5. Meminjam uang dari Bank sebesar Rp. 3.000.000,- dengan menandatangani sebuah wesel .
  6. Memberikan jasa kepada klien secara kredit Rp. 5.000.000,-
  7. Membayar biaya-biaya sebagai berikut: gaji pegawai Rp. 2000.000,-, biaya listrik Rp. 500.000,-, biaya telepon Rp. 200.000-,

 

Penyelesaian :

1. Pencatatan ke dalam Persamaan dasar Akuntansi

gambar persamaan dasar akuntansi


 




Keterangan :
    1. Penyerahan uang sebesar Rp 30.000.000, akan menambah kas dan modal pemilik.    
    2. Membayar sewa gedung sebesar Rp 1.700.000. karena dilakukan secara tunai, maka 
        akan mengurangi kas dan mengurangi modal.        
    3. Membeli peralatan kantor secara kredit sebesar Rp 8.000.000.Maka 
        akan menambah peralatan dan menambah hutang usaha.
    4. Memberikan jasa kepada client secara tunai sebesar Rp 4.000.000.
        Artinya, perusahaan mendapatkan hasil dari usahanya yang mengakibatkan 
        bertambahnya kas dan bertambahnya modal.           
    5. Meminjam uang dari Bank sebesar Rp. 3.000.000 dengan menandatangani 
        sebuah wesel, mengakibatkan bertambahnya kas dan menambah utang wesel.
    6. Memberikan jasa kepada klient sebesar Rp. 5000.000, artinya perusahaan 
        mendapatkan hasil dari usahanya, namun dalam kasus ini penghasilan jasa yang
        di dapatkan dilakukan secara kredit(dihutang), maka akan menambah piutang 
        usaha dan modal pemilik.
    7. Membayar biaya-biaya gaji pegawai Rp. 2000.000,-, biaya listrik Rp. 500.000,-, 
        biaya telepon Rp. 200.000-, yang mengakibatkan  berkurangnya kas dan modal 
        karna di lakukan secara tunai.



        kesimpulannya, sisi ASET dan KEWAJIBAN akan selalu                                 SEIMBANG

 

       


 

2. Pembuatan Laporan Laba Rugi

 

gambar laporan laba-rugi







Keterangan:

-  Dari laporan laba rugi diatas, perusahaan mendapatkan keuntungan ( laba ),

   karena pendapatan perusahaan lebih besar dari beban-beban yang.     di keluarkan.

   catatan : Laba terjadi apabila pendapatan lebih besar dari beban

                  dan Rugi terjadi apabila beban lebih besar dari pendapatan.               

   

 

3. Laporan Perubahan Modal


gambar perubahan modal



 



4. Neraca

 

gambar neraca

 

 

 

     sekian dari saya cara pembutan laporan keuangan dasar kita.,

sekian terimakasih  .,. .,.